Ini Cara Membuat QR Code Paling Lengkap!

  • Share
Cara Membuat QR Code Paling Lengkap

QR code merupakan salah satu metode pembayaran yang kian populer digunakan saat ini. Karenanya, tidak heran jika banyak orang yang mencari cara membuat QR code untuk metode pembayaran mereka. Sayangnya, masih banyak pemangku bisnis yang masih belum tahu bagaimana cara membuatnya.

Memang benar, jika QR code memiliki segudang kelebihan yang memangkas suatu proses saat akan mengakses situs tertentu menjadi lebih mudah. Tidak hanya itu, kini QR code juga diklaim sebagai salah satu sistem pembayaran yang sangat praktis. Tertarik untuk membuatnya? Mari simak terlebih dahulu informasi berikut. 

Apa itu QR Code?

Tentunya, istilah QR code kini bukan sebuah hal yang asing lagi di telingan kita. Meskipun begitu, apakah Anda sudah tahu apa yang dimaksud dengan QR code itu sendiri?

QR code merupakan singkatan dari Quick Response Code yang biasanya ditemukan pada pamflet promosi produk ataupun kemasan produk. Kode ini akan ditampilkan dalam cetak berwarna hitam putih dengan ukuran yang cukup kecil. Meskipun begitu, di dalamnya memiliki banyak kode yang mendukung QR code tersebut bisa bekerja saat di-scan.

 

Baca Juga : 7 Cara Membuat Tanda Tangan Digital Paling Mudah

 

Pada saat kode tersebut dipindai, Anda akan dibawa menuju halaman tertentu, seperti menu pembayaran, halaman produk, dan sebagainya. Pemindaian ini bisa dilakukan dengan bantuan alat khusus ataupun QR Code Scanner yang bisa kita pasang di smartphone.

Jenis-jenis QR Code

Hingga saat ini, ada dua jenis QR code yang bisa kita buat. Masing-masing kode tersebut tentunya memiliki fungsi yang berbeda. Agar lebih jelas, kami akan menjelaskannya di bawah ini. 

1. QR Code Statis

Jenis QR code yang satu ini tidak bisa diubah kembali saat sudah dibuat. Biasanya, kode ini dibuat untuk menampilkan gambar katalog dari suatu produk. Bisa juga digunakan untuk mengidentifikasi rekening bank yang dijadikan sebagai metode pembayaran untuk kebutuhan transaksi online.

Karena itu, Anda perlu membuat QR code baru jika ingin membuat beberapa perubahan setelah kode tersebut dibuat. 

2. QR Code Dinamis

QR code dinamis yang satu ini bisa dikatakan sebagai kebalikan dari QR code statis.  Kode ini cenderung lebih fleksibel karena datanya bisa diperbaharui tanpa harus mencetak ulang QR code. Karena itu, jenis QR code ini sangat cocok digunakan untuk menyimpan data dinamis, seperti link URL toko online, atau link media sosial. 

Cara Membuat QR Code untuk Metode Pembayaran

Cara Membuat QR Code Paling Lengkap

Jika Anda tertarik untuk membuat QR code sebagai media pembayaran, Anda tinggal mengikuti langkah pembuatan QR code statis. Adapun langkah-langkahnya telah kami uraikan di bawah ini.

1. Pilih QR Code Generator yang Diinginkan

Saat ini, ada banyak pilihan generator yang bisa Anda gunakan untuk membuat QR code. Mulai dari yang gratis, hingga yang berbayar bisa Anda temukan dengan mudah. Perlu diketahui, jika setiap kode QR memiliki keunggulannya tersendiri, baik itu dari segi fitur ataupun tampilannya. Karena itu, pilihlah salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Meskipun begitu, hal penting yang bisa Anda lakukan pada saat memilih QR code generator ialah kode yang dihasilkan harus mampu terbaca oleh pemindai atau scanner. Pasalnya, percuma jika hasil cetakan kodenya menarik tetapi tidak dapat dipindai sebagaimana fungsinya.

2. Tentukan Konten Promosi

Setelah mendapatkan generator yang akan digunakan, selanjutnya Anda bisa memilih tipe konten seperti apa yang ingin dimasukan ke dalam QR code. Umumnya, pada generator tersebut akan tersedia beberapa pilihan seperti URL, email, images, App Stores, Vcard, PDF, Text, WiFi, SMS, dan masih banyak lagi.

Seandainya Anda ingin membuat kode QR untuk mempromosikan halaman produk, maka bisa memilih tipe konten URL. Selanjutnya, silakan input URL halaman yang dimaksud pada QR code.

3. Input Data ke Form

Silakan lengkapi informasi tentang konten pilihan pada form yang telah tersedia. Jika halaman yang dituju ialah sebuah website, maka Anda bisa langsung memasukan alamat website tersebut dengan salin URL dan tempel pada form yang tersedia.

Sementara itu, jika yang Anda tuju ialah ingin menampilkan alamat email, silakan pilih jenis konten email lalu isi form sesuai dengan instruksi yang ada. Biasanya, beberapa hal yang akan di-input ialah email, subject, serta massage. Selanjutnya, klik Generate QR Code.

4. Atur Tampilan QR Code

Setelah kode QR berhasil dibuat, selanjutnya atur tampilan dari QR kode tersebut. Misalnya, Anda ingin mengubah sedikit tampilan frame pada QR code, maka bisa langsung klik menu Frame. Menariknya lagi, Anda juga bisa mengatur warna dan bentuk dari QR code tersebut dengan menggunakan fitur Shape & Color. 

5. Unduh QR Code

Jika Anda sudah merasa cukup dengan tampilan kode QR tersebut, selanjutnya silakan unduh kode QR tersebut melalui format JPG atau Vektor. Tunggu hingga proses pengunduhan selesai. Setelah itu, Anda bisa langsung menggunakan kode QR tersebut.

Cara Membuat QR Code Dinamis

Selain membuat kode QR secara statis, kami juga akan membagikan cara membuat QR code dinamis. Caranya sedikit berbeda dengan yang baru saja kita coba. Agar lebih jelas, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut.

Anda bisa langsung mengikuti beberapa langkah yang dilakukan pada cara membuat QR code statis. Selanjutnya, ubah jenis konten menggunakan ikon pensil yang terletak di bawah opsi “Download”. Silakan masukan beberapa informasi yang ingin diaplikasikan. Jika sudah selesai, silakan unduh kembali QR tersebut. 

Tidak hanya bisa digunakan untuk membuat QR code dinamis saja, beberapa software bahkan bisa digunakan untuk memantau aktivitas dari kode QR tersebut. Anda bisa mengetahui berapa banyak konsumen yang telah memindai kode tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui berapa banyak orang yang sudah mengunjungi halaman yang Anda tautkan pada kode QR tersebut.

Jika Anda ingin mengetahuinya dalam bentuk angka yang jelas, coba ubah melalui pengaturan. Klik “Details” pada bagian bawah angka kode QR, lalu Anda akan melihat data pengunjung kode QR dengan lebih lengkap.

Nah, itu dia beberapa cara membuat QR code yang bisa Anda lakukan. Pilihlah cara yang menurut Anda paling mudah untuk diikuti. Semoga informasi ini bermanfaat!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.