Cara Menjaga Akun Bank Digital Agar tidak Mudah Dijebol

  • Share
tips menjaga akun bank digital

Cara Menjaga Akun Bank Digital Agar tidak Mudah Dijebol – Tingginya tingkat penetrasi internet di Indonesia berdampak pada meningkatnya aktivitas keuangan digital di masyarakat. Berbagai layanan perbankan digital berlomba-lomba menawarkan kemudahan dan kemudahan dalam bertransaksi. Dilihat dari laporan Bank Indonesia, kemajuan teknologi fitur transaksi digital semakin banyak digunakan oleh banyak orang.

Era digital saat ini memang sangat membantu dan memudahkan kita termasuk dalam bertransaksi dimana saja dan kepada siapa saja tanpa harus keluar rumah, namun kita juga harus memiliki cara untuk Menjaga Akun Bank Digital agar tidak mudah jebol. oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang menjadi hal utama dalam menjaga keamanan. keamanan data.

Dulu transaksi yang dibutuhkan hanya mengkamulkan mesin EDC (Electronic Data Capture) dan transfer ATM, kini banyak fitur baru seperti scanning QRIS, QR Code, mobile transfer, dan lain-lain. Namun, masyarakat harus tetap mewaspadai bahaya transaksi digital yang semakin marak, karena setiap kemajuan teknologi akan selalu dibarengi dengan ancaman siber yang semakin meningkat.

Mengetahui cara menjaga keamanan rekening bank digital agar tidak mudah dibobol orang yang tidak bertanggung jawab harus selalu menjadi prioritas kita, karena tidak menutup kemungkinan tindakan para penipu yang mengincar rekening nasabah juga terus berkembang metodenya bahkan bisa lebih. canggih untuk membobol sistem keamanan data.

Cara Menjaga Keamanan Rekening Bank Digital Agar Tidak Mudah Dibobol Orang

Selalu Perbarui Aplikasi

Tips Cara Menjaga Keamanan Rekening Bank Digital Agar Tidak Mudah Dibobol Orang Yang Tidak Bertanggung Jawab Selanjutnya adalah selalu update aplikasi Kamu, baik aplikasi di Smartphone maupun aplikasi bank yang Kamu miliki. Ini sangat penting, agar kita bisa menutup celah-celah yang bisa disusupi orang lain, karena setiap aplikasi akan selalu diupdate secara berkala, termasuk dari segi keamanannya.

Siapkan Password dan PIN yang kuat

Membuat password dan pin untuk mengakses rekening bank digital tidak boleh sembarangan, tetapi juga harus mengutamakan password dan pin yang sulit ditembus orang lain. Untuk password, biasanya menggunakan kombinasi angka, huruf dan simbol dan usahakan untuk membuat password rekening bank digital lebih dari 6 karakter.

Begitu juga dengan PIN harus kombinasi angka yang kita anggap aman dan berbeda dengan latar belakang kita, misalnya tidak menggunakan nomor lahir, bulan lahir, tahun lahir atau tidak dengan nomor ektp. Serta mengganti password dan pin rekening bank secara berkala, hal ini juga dapat menjaga keamanan Rekening Bank Digital agar tidak mudah dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Selalu Waspada dan Teliti

Kita harus selalu waspada, pada rekening bank kita, karena dengan banyaknya kebocoran data yang terjadi, tidak menutup kemungkinan data kita juga akan bocor. Perhatikan segala hal yang tidak wajar untuk mengantisipasi hal-hal yang membahayakan rekening bank kita.

Pantau Aktivitas di Aplikasi Bank

Seringkali kita tidak memperdulikan notifikasi yang dikirimkan oleh pihak bank, padahal dengan melihat notifikasi tersebut kita akan mengetahui semua aktivitas yang terjadi di rekening kita. Apakah ada aktivitas yang mencurigakan atau tidak. Sehingga kami akan lebih cepat merespon jika terjadi aktivitas yang mencurigakan.

Verifikasi Informasi di Channel Resmi Bank

Pastikan Kamu juga mendapatkan informasi yang benar dari pihak bank, crosscheck setiap informasi ke channel resmi bank. Ini sangat penting agar kamu tidak mudah tertipu dengan notifikasi palsu yang seolah-olah berasal dari bank

Demikianlah artikel ini tentang Cara Menjaga Akun Bank Digital Agar tidak Mudah DiJebol. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.