Ketahui Hal ini Sebelum Memilih Bank Digital

  • Share

Ketahui Hal ini Sebelum Memilih Bank Digital – Generasi millennial merupakan generasi yang sangat melek teknologi sehingga menuntut banyak hal. oleh karena itu, penting bagi industri bank untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Bank di Indonesia harus mampu menyediakan layanan bank digital yang memadai sesuai dengan kebutuhannya. Tak heran, kemudian sejumlah bank berlomba-lomba mengembangkan bank digital mereka.

Saat ini, sejumlah bank telah menawarkan layanan bank digital, baik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun bank swasta. Layanan digital dapat membuat layanan menjadi lebih cepat, mudah, dan praktis, yang diharapkan dapat meningkatkan jumlah basis pelanggan di masa mendatang.

Pada dasarnya, layanan bank digital hampir sama dengan layanan bank non-digital. Perbedaan yang paling mendasar adalah, nasabah dapat lebih mudah mengakses layanan bank karena bisa melalui smartphone atau aplikasi smartphone.

Di sini, Bank Digital juga berada pada generasi milenial yang erat kaitannya dengan teknologi.

Hal Yang Perlu diketahui sebelum Memilih Bank Digital

memilih bank digital

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum Memilih Bank Digital yang perlu anda ketahui sebagai berikut :

Memahami Kebutuhan Untuk Menggunakan Layanan Bank Digital

Meski layanan bank digital semakin memudahkan nasabah, Consulting Financial Planner meyakini bahwa generasi milenial harus memahami kebutuhan mereka saat menggunakan layanan bank digital.

Apakah digunakan hanya untuk melihat saldo tabungan dan riwayat transaksi atau digunakan untuk keperluan lain yang lebih mendesak.

Jika yang Anda butuhkan adalah mentransfer sejumlah uang dari bisnis yang Anda jalankan, mengelola pembayaran tagihan, berbelanja, menggunakannya untuk memaksimalkan penggunaan dompet digital, atau melakukan transaksi yang membutuhkan kecepatan dan kenyamanan, maka tidak ada salahnya menggunakan layanan bank digital.

Keamanan Transaksi

Tips pertama yang perlu Anda perhatikan saat memilih bank digital adalah memastikan keamanannya saat melakukan transaksi. Sebagian besar bank digital menggunakan one time password (OTP) untuk mengotentikasi transaksi.

Beberapa bahkan memiliki fitur biometrik yang memudahkan otentikasi transaksi. Selain menggunakan OTP dan biometrik, bank digital juga akan membutuhkan data pribadi Anda untuk menyelesaikan transaksi.

Semua proses ini dilakukan secara digital melalui smartphone. Jadi, aplikasi bank digital juga akan membutuhkan akses data dari smartphone Anda. Untuk memastikan keamanan dan menghindari penyalahgunaan data, setidaknya pastikan bank digital yang Anda pilih telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Perhatikan Biaya Transaksi Bank Digital

Sebelum memilih layanan bank digital, Anda juga harus cermat dan teliti memperhatikan biaya transaksi yang dikenakan oleh pihak bank. Anda harus mengetahui dan memahami bahwa fasilitas yang diberikan untuk layanan bank digital ini tidak gratis karena pihak bank akan mengenakan biaya layanan.

Biaya tersebut antara lain biaya administrasi bulanan, biaya tarik tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM), hingga biaya saat mentransfer sejumlah uang ke rekening lain, terutama transfer ke rekening bank lain.

Meski begitu, besaran biayanya akan berbeda-beda dan bergantung pada lembaga bank dan jenis transaksi yang dilakukan.

Pilihan Produk

Tips selanjutnya yang perlu Anda perhatikan saat memilih bank digital adalah dengan memperhatikan pilihan produk yang ditawarkan. Pastikan untuk memeriksa apakah bank digital menawarkan semua produk yang Anda cari atau butuhkan.

Beberapa kebutuhan yang biasa digunakan di bank digital adalah giro atau tabungan, kartu kredit atau debit, hingga pinjaman pribadi. Pilih layanan bank digital yang menawarkan pilihan produk yang sesuai dengan yang Anda inginkan.

Demikian ulasan tentang Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Bank Digital, semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.