Tips Aman Bertransaksi Menggunakan Aplikasi Mobile Banking

  • Share
tips aman transaksi menggunakan mobile banking

Tips Aman Bertransaksi Menggunakan Aplikasi Mobile Banking – Perkembangan teknologi telah membawa banyak perubahan pada semua sektor, termasuk sektor perbankan. Sebagian besar nasabah kini telah beralih menggunakan digital banking untuk berbagai transaksi. Dulu nasabah harus datang ke bank untuk bertransaksi, sekarang semua bisa dilakukan dengan mudah melalui smartphone.

Aplikasi mobile banking membantu nasabah mengecek saldo, mengirim uang, dan membayar tagihan melalui ponsel. Jika Kamu pengguna aplikasi mobile banking, terapkan juga 7 Tips Aman Bertransaksi Menggunakan Aplikasi Mobile Banking agar transaksi Kamu tetap aman dan nyaman!

Tips Agar Transaksi Mobile Banking Kamu Tetap Aman

tips aman bertransaksi menggunakan aplikasi mobile banking

1. Gunakan Kata Sandi Yang Kuat

Semua aplikasi perbankan mengharuskan pengguna untuk membuat kata sandi yang kuat. Gunakan kombinasi huruf besar dan juga kecil, angka, atau juga karakter khusus agar tidak mudah ditebak oleh orang lain. Sebaiknya jangan menggunakan password yang sama dengan akun lain, apalagi media sosial.

Jika Kamu termasuk orang yang pelupa, Kamu bisa menuliskan kata sandi rahasia Kamu di tempat lain yang terpisah dari ponsel Kamu. Pastikan Kamu hanya menuliskan kata sandi tanpa menuliskan petunjuk apa pun.

2. Pastikan Kamu Menggunakan Aplikasi Resmi

Sebagian besar bank telah merambah dunia digital untuk memudahkan nasabah bertransaksi. Ini jauh lebih aman daripada mengirim informasi melalui pesan teks dan email karena bank memastikan informasi yang dikirim melalui jaringan dienkripsi.

Pastikan Kamu menggunakan aplikasi resmi yang dikelola oleh bank tempat Kamu menyetor uang. Kamu dapat memeriksanya di bagian pengembang aplikasi atau mengunduhnya dari tautan yang tercantum di situs web resmi bank.

3. Cek Histori Transaksi Secara Rutin

Aplikasi mobile banking membantu nasabah untuk mengetahui transaksi yang mereka lakukan. Kamu dapat dengan mudah mengecek uang masuk dan keluar pada fitur mutasi rekening. Periksa apakah transaksi sesuai dengan yang Kamu lakukan. Jika menemukan transaksi ganjil, segera laporkan ke bank yang bersangkutan.

4. Ubah Kata Sandi Secara Teratur

Seperti halnya ATM, Kamu juga disarankan untuk mengganti password atau PIN secara berkala. Disarankan untuk meminimalkan kejahatan skimming dan phishing. Skimming ialah pencurian informasi dengan menyalin data pada strip magnetik kartu kredit dan juga debit. Sedangkan pengiriman adalah tindakan pencurian data online, seperti nomor rekening, password, PIN, kode OTP, dan lain sebagainya.

5. Manfaatkan fitur keamanan HP

Tidak semua ancaman terhadap online banking berasal dari internet. Ponsel yang berpindah tangan, tertinggal, atau hilang memungkinkan orang lain untuk mengakses aplikasi di dalamnya. Inilah sebabnya mengapa Kamu harus memanfaatkan fitur keamanan.

Meskipun aplikasi mobile banking membutuhkan password dan PIN untuk dapat diakses, Kamu tetap disarankan untuk menggunakan keamanan berlapis. Atur telepon agar memerlukan kata sandi untuk membukanya. Lebih bagus lagi jika ponsel Kamu memiliki fitur pengenalan sidik jari dan sensor wajah.

6. Jangan Gunakan Wi-Fi Untuk Mengakses Mobile Banking

Saat ini banyak tempat umum seperti restoran, kafe, taman kota, dan lain sebagainya yang menyediakan akses internet gratis. Pastikan Kamu tidak menggunakan jaringan Wi-Fi untuk mengakses aplikasi mobile banking tersebut.

Koneksi Wi-Fi tidak aman digunakan pada aplikasi yang berisi informasi pribadi seperti mobile banking. Disarankan untuk mengalihkan jaringan ke mode seluler sebelum bertransaksi. Begitu juga saat kita berada di kantor, kita tidak pernah tahu jika ada orang lain yang berniat jahat. Itu sebabnya Kamu harus selalu waspada.

7. Perbarui Aplikasi Secara Teratur

Pengembang aplikasi, termasuk mobile banking, secara teratur memperbarui ke versi yang lebih baik. Sebagai pengguna, Kamu harus mengikuti pembaruan ini untuk kenyamanan bertransaksi. Pembaruan yang dilakukan oleh pengembang disertai dengan pembaruan keamanan yang sangat berguna bagi pengguna. Jadi, jangan sungkan untuk memastikan aplikasi yang kamu gunakan tersebut versi terbaru.

Demikianlah artikel ini tentang Tips Aman Bertransaksi Menggunakan Aplikasi Mobile Banking. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.