Apa Perbedaan Jaringan Lokal dan Internet? Temukan Jawabannya Di Sini!

  • Share
Apa Perbedaan Jaringan Lokal dan Internet

Perbedaan Jaringan Lokal dan Internet – Banyak orang yang masih belum mengerti apa perbedaan jaringan lokal dan internet. Padahal, penggunaan jaringan komputer dan internet sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hampir semua aktivitas kita sudah bergantung pada jaringan komputer dan internet, mulai dari mengerjakan tugas kuliah, hingga memesan makanan secara online

Sekilas, jaringan komputer dan internet memang tampak sama. Akan tetapi, keduanya merupakan dua hal yang berbeda. Agar tidak salah pengertian, Anda bisa simak informasinya di bawah ini.

Berkenalan dengan Jaringan Komputer

Apa Perbedaan Jaringan Lokal dan Internet

Jaringan merupakan sebuah sistem yang memungkinkan perangkat satu dengan perangkat lainnya dapat saling terhubung dalam jangkauan area yang terbatas. Jaringan ini terbangun dari beberapa komputer dan perangkat jaringan yang lain. Selanjutnya, akan terbentuk nodes yang mendukung para pengguna agar bisa terhubung dengan pengguna lain dengan atau tanpa bantuan kabel. 

Jaringan komputer juga dapat diartikan sebagai sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih. Tujuan dibangunnya jaringan ini yaitu agar pengirim bisa mengirimkan data kepada penerima dengan tepat dan akurat. 

Masing-masing nodes tersebut akan berfungsi sebagai workstation. Salah satu nodes tersebut akan dijadikan sebagai penyedia jasa atau server, sementara komputer lainnya akan dijadikan sebagai client. 

Nodes server bertugas untuk mengatur fungsi tertentu nodes lainnya, sedangkan client merupakan pengguna layanan yang disediakan oleh server untuk melakukan berbagai hal. Salah satunya yaitu untuk mencetak dokumen menggunakan printer yang dihubungkan pada komputer server.

Baca Juga : 2 Cara Download Postingan IG Tanpa Aplikasi dengan Mudah

Jaringan komputer akan memungkinkan para penggunanya untuk bisa berkomunikasi satu sama lain dengan lebih mudah. Tidak hanya itu, jaringan ini juga memiliki peran penting dalam mengintegrasikan data pada setiap komputer client. Karenanya, masing-masing client dapat mengakses data yang saling berkesinambungan. 

Cakupan pemakaian jaringan ini biasanya lebih terbatas, karena jaringan komputer terhubung via kabel jaringan LAN baisa atau jaringan wireless yang mampu menjangkau satu area tertentu saja. karenanya, jaringan ini hanya bisa dipakai pada cakupan tempat yang terlalu besar. 

Jika ingin memperluas jangkauannya, Anda membutuhkan perangkat tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, dan Router untuk mendukung perangkat interkoneksi. 

Manfaat Jaringan Komputer

Ada beberapa manfaat jaringan komputer yang bisa Anda dapatkan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut. 

  • Mendukung akses file yang dimiliki oleh sesama anggota jaringa.
  • Dapat mengirim data dengan cepat dan tepat.
  • Mendukung pengiriman berbagai jenis file, seperti teks, audio, video, dan dokumen secara real time.
  • Efisiensi sumber daya yang ada pada jaringan. Misalnya, dalam sebuah kantor dibutuhkan printer untuk mencetak berkas. Maka, kita hanya perlu membeli satu printer saja yang bisa dihubungkan pada semua komputer karyawan di kantor.

Berkenalan dengan Internet

Apa Perbedaan Jaringan Lokal dan Internet

Internet merupakan sebuah jaringan komunikasi global yang memungkinkan jutaan hingga miliaran orang dapat saling terhubung melalui jaringan komputer. Adapun tipe dan jenisnya beragam, mulai dari jaringan satelit, telepon, dan lain sebagainya.

Selain itu, internet juga dapat diartikan sebagai susunan personal komputer yang saling terbuhubung menggunakan konvensi internet dalam bentuk protokol IP/TCP. Dulu, internet merupakan sebuah jaringan komputer yang dibangun oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969. Jaringan tersebut dibangun dalam sebuah proyek bernama ARPANET. 

Awalnya, proyek tersebut difungsikan hanya untuk kebutuhan militer. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu internet terus mengalami perkembangan hingga akhirnya bisa dinikmati dan diakses oleh semua orang seperti saat ini. Hal ini terjadi karena adanya subsidi yang diberikan oleh National Science Foundation Network dan pembiayaan swasta untuk kebutuhan ekspansi bisnis.

Fasilitas Internet

Ada beberapa fasilitas yang dapat dinikmati dari internet, yaitu sebagai berikut.

  • E-mail (Electronic Mail). Email merupakan surat elektronik yang dapat dikirim dan diterima melalui gadget atau komputer. Dengan surat elektronik ini, surat bisa tersampaikan saat itu juga pada penerima. 
  • File Transfer Protocol (FTP). FTP merupakan salah satu layanan dari internet yang mendukung transfer file. 
  • Telnet (Telecommunication Network). Telnet merupakan salah satu protokol jaringan yang mendukung koneksi internet terhadap server melalui port tertentu. 
  • World Wide Web (WWW). Ini merupakan sebuah kumpulan dokumen multimedia yang saling terkoneksi melalui link hipertext, atau yang biasa kita kenal dengan HTTP (Hypertext Transfer Protocol). HTTP merupakan sebuah link yang digunakan untuk berpindah dari dokumen satu ke dokumen lain. 

Perbedaan Jaringan Lokal dan Internet

Setelah mengenal jaringan lokal dan internet, dari informasi di atas dapat kita temukan apa perbedaan jaringan lokal dan internet. Berikut perbedaannya!

  • Jaringan komputer bertugas untuk mengatur komputer dari mulai proses hingga informasi atau data terkirim, dan biasa disebut dengan network hubs. Sementara itu, internet merupakan sekumpulan personal komputer yang mengatur penggunaan konvensi internet melalui IP/TPC sehingga bisa menghubungkan gadget dari seluruh dunia.
  • Internet dapat mempermudah pengguna dalam mengakses WWW, sedangkan jaringan lokal dapat mempermudah pengguna untuk mengakses perangkat tertentu.
  • Internet mendukung banyak orang untuk bisa terhubung ke web dan mempelajari banyak hal. Sementara jaringan komputer, memiliki akses informasi terbatas yaitu informasi yang hanya dibagikan dalam jaringan tersebut.
  • Internet merupakan sekelompok jaringan berbeda yang saling terhubung dari seluruh dunia. Komputer dan gadget yang terhubung bisa mencapai jutaan perangkat. Sementara itu, jaringan lokal merupakan kumpulan dua komputer atau lebih dan hanya bisa melakukan aktivitas dalam jangkauan area tertentu saja.
  • Jaringan lokal merupakan penghubung antar komputer sehingga pengiriman informasi hanya bisa dilakukan oleh dua perangkat. Sementara itu, internet merupakan sumber informasi tanpa batas.
  • Jaringan lokal hanya dapat dikendalikan oleh orang tertentu saja dan diimpelemntasikan pada jaringan client-server. Sementara itu, internet memiliki sifat desentralisasi sehingga tidak ada pihak tertentu yang memiliki kewenangan untuk bisa mengendalikannya. 

Dari penjelasan di atas, kita dapat mengetahui apa perbedaan jaringan lokal dan internet. Intinya, jaringan lokal mencakup jangkauan yang sempit dan terbatas, sedangkan internet merupakan jaringan yang lebih luas dan tidak memiliki batasan tertentu. Selain itu, internet dapat diakses kapan saja dan dimana saja dengan mudah.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.